Sejarah Terbentuknya Benua Asia

Sejarah Terbentuknya Benua Asia

Sejarah Terbentuknya Benua Asia sudah menjadi fakta umum bahwa sejarah Asia adalah sejarah terbentuknya benua Asia. Sejarah pembentukan Asia dimulai pada tiga ribu SM ketika Gangga pertama kali ditemukan oleh orang-orang India dan kemudian ditemukan bahwa Gangga mengalir melalui tempat yang sekarang disebut India ke Cina dan kemudian ke Pakistan.

Sekitar lima ratus SM, orang-orang Asia Tengah juga bersentuhan dengan orang-orang di bagian timur laut India dan ini mengakibatkan terbentuknya orang Indo-Cina. Orang Indo-Cina adalah pelopor dari Khajuraho dan Mauryas dan Khajuraho juga merupakan cikal bakal dari kuil Brahma di India.

Sejarah terbentuknya benua Asia dimulai sekitar tujuh ribu tahun yang lalu, ketika peradaban India Timur mulai memperluas wilayahnya dari barat ke selatan lalu dari utara ke timur. Ini juga merupakan masa migrasi awal, yang mengakibatkan migrasi awal orang India ke timur laut dan negara lain seperti Afghanistan.

Sejarah Pembentukan Benua Asia

Menjadi jauh lebih menarik setelah periode migrasi awal dan migrasi berlanjut hingga zaman es terakhir. Selama periode ini lapisan es dan salju menutupi seluruh anak benua India Utara.

Namun, migrasi awal tidak menghasilkan perubahan permanen dalam geografi dan masyarakat yang tinggal di wilayah itu dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibawa oleh migrasi awal. Akibatnya, struktur geografis benua sedikit berubah dan terjadi sedikit peningkatan populasi manusia, sedangkan negara lain tetap tak tersentuh karena tidak adanya lapisan es.

Setelah migrasi ke timur laut India, orang-orang pindah ke utara dan ini menghasilkan pembentukan Peradaban Lembah Indus di Pakistan saat ini. Akibatnya, geografi anak benua berubah karena tidak lagi tertutup lapisan es dan salju.

Pada periode selanjutnya sejarah pembentukan benua Asia, terjadi perubahan dalam sejarah geografi Asia, yang mengakibatkan munculnya Kerajaan Mughal. Akibatnya, Mughal membangun Taj Mahal di Agra dan juga mendirikan Kerajaan Mughal. Kekaisaran Mughal adalah kekuatan terbesar di dunia pada saat itu dan juga merupakan salah satu kerajaan terbesar di dunia.

Pada periode akhir abad kesembilan belas, setelah penjajahan Inggris di India, Inggris mendirikan pos perdagangan lain di bagian utara anak benua India dan di sinilah jaringan rel kereta api pertama diletakkan. Jaringan kereta api telah digunakan secara luas sejak saat itu untuk mengangkut barang. Dan orang dari satu bagian negara ke bagian lain.

Setelah Kemerdekaan

Setelah kemerdekaan, jaringan kereta api digunakan untuk mengangkut orang dari Pakistan ke India. Jaringan kereta api ini menjadi sangat penting dalam sejarah pembentukan benua Asia. Karena merupakan sarana transportasi pertama yang memungkinkan orang-orang dari timur laut mencapai ibu kota Delhi.

Jaringan kereta api juga digunakan untuk mengangkut barang dari Asia ke Afrika, Eropa, Asia, dan Timur Tengah. Selain itu, digunakan untuk mengirim delegasi dari Barat ke ibu kota negara-negara di Asia. Karena itu, dalam sejarah terbentuknya benua Asia, jaringan rel kereta api menjadi sangat penting.

Nyatanya, jaringan rel kereta api bertanggung jawab atas kemerdekaan politik dan perkembangan politik banyak negara di Asia. Jaringan kereta api berperan penting dalam membentuk banyak negara seperti India, Nepal, Bangladesh, dan Pakistan.

Faktanya, jaringan kereta api digunakan untuk mengangkut ibu kota dan orang-orang dari negara-negara ini ke seluruh negeri. Karena alasan ini, jaringan kereta api memainkan peran penting dalam perkembangan negara-negara seperti India. Nepal, dan Bangladesh, pada awal abad ke-20.

Baca Juga Artikel Tentang: Sejarah Bank Central Asia